Kamis, 13 Desember 2012

Manajemen dan Komputer


MANAJEMEN DAN KOMPUTER
Sebelum adanya teknologi komputer, sistem informasi manajemen telah digunakan oleh para pimpinan organisasi atau perusahaan, termasuk manajer dalam upaya pengambilan keputusan. Kemajuan teknologi dan media komputer memberikan beberapa kelebihan dan membawa perubahan pesat dalam peradapan manusia. Pekerjaan yang dikenakan oleh manusia secara manual bisa digantikan dengan mesin. Hal ini membuktikan beberapa keuntungan yaitu menjadikan pekerjaan menjadi lebih mudah, cepat, efisien dan mengurangi kesalahan. Dengan demikian kemajuan teknologi mempengaruhi semua lingkup kehidupan, tak terkecuali dunia pendidikan.
A. Manajemen
Menurut Atmosudirdjo (1986:158), secara umum pengertian manajemen adalah pengendalian dan pemanfaatan daripada semua faktor dan sumberdaya yang menurut suatu perencanaan (planning), diperlukan untuk mencapai atau menyelesaikan suatu prapta (objective) atau tujuan-tujuan tertentu. Sedangkan menurut Siagian (1989:5) manajemen dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau ketrampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain. Akhirnya, menurut Terry dalam Manullang (2005:1) manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.Dari ketiga definisi tersebut di atas, ada tiga hal penting dalam definisi-definisi tersebut.
1. Ada tujuan yang hendak dicapai;
2. Tujuan yang hendak dicapai memerlukan/membutuhkan tenaga orang lain; dan
3. Kegiatan/aktivitas orang lain tersebut harus dibimbing dan diawasi atau dikontrol.
B.  Komputer         
1.   Pengertian komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. berhubungan dengan matematika.
                    
2.   Jenis Komputer
a) komputer analog
b) komputer pulsa
c) mikrokomputer
d) minikomputer
e) komputer kerangka utama (mainframe computer)
f) superkomputer                 

C. Fungsi Komputer untuk manajemen
Manajemen berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi manajemen. Proses manajemen dimulai dengan perencanaan, organising, proses pengendalian dan pengawasan. Komputer memberikan kemudahan dalam menyediakan data secara tepat waktu sesuai dengan kebutuhan.
Kehadiran komputer dalam sistem informasi manajemen telah memberikan banyak kemudahan bagi manajer dalam melakukan kegiatannya. Memberikan informasi kepada pihak lain, mendokumentasikan file-file, menyimpan data-data, dan lain-lain hingga mengambil sebuah keputusan penting bagi perusahaan. Dalam perkembangannya sekarang ini sebuah komputer sudah dapat berfungsi sebagai alat bantu berbagai aktivitas kehidupan manusia, seperti: proses belajar, proses komunikasi, proses perdagangan, dan lain sebagainya.Komputer menerima instruksi dari manusia untuk melakukan sejumlah pemrosesan data yang hasilnya akan dipresentasikan kepada yang bersangkutan.  
Misalnya di sebuah perusahaan, di perusahaan terdapat kelompok yang merupakan para pengguna (user) teknologi informasi yang dimiliki. Termasuk di dalam kelompok ini seluruh jenjang SDM dari staf sampai dengan pimpinan puncak.
Tugas utama dari mereka yang berada di dalam kelompok ini adalah:
(1) Menyusun perencanaan strategis (masterplan)
(2) Mendefinisikan secara detail kebutuhan sistem informasi perusahaan
(3) Menyediakan teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhan
(4) Mengembangkan teknologi informasi yang dimiliki perusahaan agar selalu up-to-date
(5) Mengelola hubungan kemitraan dengan pihak di luar perusahaan yang bekerja sama dalam hal pengembangan teknologi
(6) Memonitor dan mengawasi berbagai hal terkait dengan manajemen atau proses pengelolaan aset teknologi informasi.

Daftar Pustaka
Atmosudirdjo, S. Prajudi. 1986. Dasar-dasar Ilmu Administrasi. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Manullang, M. 2005. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Siagian, P. Sondang. 2005. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara
Anonymous. 2010. Fungsi komputer bagi manajemen. (Online),(http://boyzkers.blogspot.com/2010/01/makalah-fungsi-komputer-bagi-manajemen.html), Diakses 13 Desember 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar